Bahan Alami Sebagai Masker? Perhatikan Hal Ini

Bahan Alami Sebagai Masker? Perhatikan Hal Ini – Kulit wajah memang sangat membutuhkan nutrisi dan salah satunya adalah penggunaan masker untuk kulit wajah. Bermacam macam masker juga banyak di pasaran namun kamu bisa juga melakukan eksperimen dengan menghasilkan masker dari bahan bahan yang alami. Selain lebih alami dan bebas dari bahan bahan kimia, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli masker.

Jika kamu memilih penggunaan bahan bahan alami sebagai bahan pembuatan masker, gak salah kok! Namun, kamu harus memperhatikan beberapa hal ini agar kamu dapat menghasilkan masker wajah dari bahan bahan alami.

Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Ketika kamu memiliki rencana untuk membuat masker wajah dari bahan bahan yang alami, langkah yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak banyaknya. Dikarenakan kamu ingin membuat sebuah kreasi yang tidak merugikan siapapun. Cari informasi terkait dengan kandungan dan manfaat apa yang dihasilkan dari sebuah bahan alami yang mau kamu gunakan. Misalnya, buah lemon dapat mengobati kulit wajah yang berjerawat dan mencerahkan kulit wajha, kopi yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga tomat yang memiliki banyak kegunaan. Jangan lupa sesuaikan juga dengan jenis kulit seperti apa kulitmu. Dan yang paling penting jangan sampai salah mencampurkan dan memilih bahan alami ya. Karena jika salah, dampaknya akan cukup buruk.

Pilihlah Bahan Alami Yang Ramah di Kulit

Selanjutnya kamu harus memilih bahan alami yang ramah di kulit.  Apasih maksudnya? Kamu harus menyesuaikan bahan bahan alami tersebut dengan jenis kulit mu. Karena bahan bahan yang alami belum tentu semuanya ramah di kulit. Misalnya lemon dan jeruk memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Sehingga jika kulit kamu tidak cocok dengan sesuatu hal yang mengandung asam, maka sebaiknya hindarilah. Karena jika kamu masih tetap menggunakannya maka akan menimbulkan iritasi pada kulit kamu. Selain lemon, ada juga putih telur yang dijadikan sebagai masker. Namun, jika kamu memiliki alergi sebaiknya kamu jangan menggunakan putih telur sebagai masker wajah karena dapat memicu iritasi.

Menggunakan Peralatan Yang Bersih dan Higienis

Apabila telah berhubungan dengan kulit wajah, tentunya membutuhkan sesuatu yang bersih dan higienis. Kulit wajah sangat sensitif dengan hal hal yang kotor. Oleh sebab itu, sebelum kamu meracik masker alami kamu, pastikan alat alat yang kamu gunakan selama proses merupakan alat alat yang bersih dan higienis. Meskipun kamu tidak dapat membersihkannya sebanyak 100%, setidaknya kamu mencuci segala peralatan menggunakan sabun cuci dan air yang bersih. Selain peralatan, bahan bahan alami yang telah kamu pilih juga harus di cuci di air bersih ya. Dan terakhir jangan lupa juga mencuci tanganmu sebelum memulai racikan masker ya!

Pastikan Waktu Penggunaan Masker Tidak Terlalu Lama

Waktu penggunaan masker juga menjadi sebuah sorotan penting jika hendak mengaplikasikan masker. Baik masker yang kamu beli di supermarket atau kamu membuatnya sendiri harus memperhatikan waktu pengaplikasian masker. Waktu yang dianjurkan ketika sedang melakukan penggunaan masker adalah sekitar 10-15 menit. Setelah 10-15 menit kamu harus membersihkannya menggunakan air. Apabila kamu menggunakan masker lebih dari waktu yang telah ditentukan maka akan menyebabkan gatal-gatal, kering dan bahkan memicu iritasi pada kulit wajah.

Nah, itu dia rangkuman seputar hal hal yang diperhatikan apabila hendak membuat bahan bahan alami sebagai masker pada wajah. Selamat mencoba!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *