Produksi Kolagen Menurun? Kenali Penyebabnya

Produksi Kolagen Menurun? Kenali Penyebabnya – Kolagen memiliki peran yang sangat besar untuk membuat kulit semakin halus atau lembut, kenyal, bebas keriput dan tentunya membuat kamu semakin awet muda. Akan tetapi produksi kolagen dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia. Jika produksi kolagen mulai menurun maka tanda tanda penuaan akan tampak. Oleh kerena itu, betapa bermanfaatnya kolagen bagi kulit wajah.

Kolagen dapat kamu temukan di kulit, otot dan juga ligamen. Kolagen akan berfungsi untuk meregenerasi kulit sehingga kulit aka tetap kenyal/ elastis dan terhidrasi. Seiringnya bertambah usia, produksi kolagen akan menurun dan akan memunculkan masalah masalah pada kulit mu. Berikut penyebab produksi kolagen menurun dan juga bagaimana cara meningkatkan kolagen tersebut.

Paparan Sinar Matahari

Penyebab yang pertama yang membuat kulit wajah memiliki produksi kolagen yang sedikit adalah orang orang yang sering terpapar sinar matahari. Semakin lama kamu terkena paparan sinar matahari tersebut maka akan semakin mempercepat proses penuaan pada kulit wajah. Paparan sinar matahari akan memecahkan kolagen kulit dan kemudian akan merusak serat elastin yang berada di bagian dermis kulit. kulit akan kendur dan keriput jika terkena paparan sinar matahari dengan lama.

Merokok

Penyebab yang kedua adalah merokok. Jika kamu sudah mulai merokok maka banyak masalah pada kesehatan yang akan mengincarmu. Salah satunya adalah terancamnya kesehatan kulitmu. Kandungan nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di bagian terluar kulit. Dikarenakan telah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang terletak pada bagian luar maka aliran darah yang terdapat pada kulit tidak berjalan dengan baik. Selain nikotin, bahan kimia lainnya juga dapat menurunkan produksi kolagen.

Mengkonsumsi Makanan Yang Tinggi Gula dan Kurang Tidur

Selanjutnya, yang menjadi penyebab menurunnya produksi kolagen adalah kamu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi dan juga kamu kurang tidur. Mungkin hal ini terlihat sepele namun dapat merusak kolagen kulitmu. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi akan menyebabkan peradangan sehingga dapat merusak kolagen kulit.

Kurang tidur dapat mempercepat penuaan dini pada kulit wajah dan akan membuat kulit wajahmu terlihat kusam. Mengapa? Karena jika kamu kurang tidu maka akan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga lambat laun akan menyerang kolagen kulit wajahmu.

Gerakan Wajah

Gerakan wajah juga dapat menjadi pemicu menurunnya kolagen pada kulit wajah. Jika wajahmu sering menyipitkan mata atau tersenyum maka akan muncul garis garis halus dan kerutan pada kulit wajah. Karena otot wajahmu membentuk alur gerakan di kulit wajah. Sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa semakin bertambah usia makan kulit wajah akan kehilangan kelenturan. Dan juga kerutan yang sudah terbentuk akan sangat sulit sekali untuk dihilangkan.

Cara Meningkatkan Kolagen

Setelah kamu mengetahui penyebab atau pemicu ternyadinya penurunan kolagen pada kulit wajah, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan produksi kolagen tersebut. Yang pertama kamu harus mengkonsumsi makanan sebagai sumber kolagen. Kamu dapat memakan makanan yang mengandung asam amino seperti susu, telur, daging dan ikan ikan laut. Kamu juga harus mengkonsumsi buah buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, jambu dan mangga. Dan cara terkahir agar kamu dapat meningkatkan kolagen adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter agar suplemen kolagen akan disuntikkan ke dalam kulit kamu. Suntikan ini mampu meningkatkan kolagen sehingga mampu untuk memudarkan garis garis halus atau kerutan.

Demikian rangkuman terkait dengan penyebab dan cara meningkatkan produksi kolagen yang telah menurun.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *